kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297



kursus komputer majalengka

Komputer, adalah teknologi yang sangat menolong kita dalam kegiatan sehari-hari. Dan komputer sekarang dapat dibilang tidak dapat lepas dari kehidupan. Maka dari tersebut sobat mesti mau guna belajar komputer.

Komputer pun sudah tidak sedikit jenisnya. Bagi yang biasa dipakai, namanya PC (Personal Computer / Komputer Pribadi) dan Laptop, alias komputer portable.

Untuk teknik kerja, pada dasarnya sama. Yang jadi perbedaan, ialah komponen-komponen unsur dalamnya, yang mana laptop punya komponen lebih kecil dan irit daya.
kursus komputer majalengka


Saya buat tulisan ini, sebab jujur saja. Kurangnya ulasan tentang teknik belajar komputer pemula. Walau di blog (situs) ini sudah tidak sedikit tips-tips komputer. Tapi banyak sekali tips ditujukan guna level menengah.

Jadi, tulisan ini bakal ditujukan khusus guna sobat yang masih pemula dan hendak belajar komputer agar cepat bisa.
kursus komputer majalengka


  • Sebelum mulai...


Untuk teknik belajar, sobat beli bukunya terlebih dahulu. Karena bila dibicarakan disini akan paling panjang.

Artikel ini bakal berisi keterangan tentang komputer. Bagian-bagian komponen dasar komputer, sistem operasi pada komputer, dan program-program yang biasa dipakai di komputer, yang berfungsi untuk pemahaman dasar (sesuai judul artikel ini).
Seperti yang anda tahu, banyak sekali isi kitab bahasanya baku, sampai-sampai agak kurang dicerna sebagian orang. Disini saya akan berjuang menjelaskan apa-apa yang gampang untuk dipahami. Dan saya langsung sampaikan yang penting-pentingnya saja.
Dengan mengetahui isi artikel ini, sobat diinginkan akan lebih cepat paham dengan pelajaran yang diajarkan buku.
kursus komputer majalengka



  • Tips teknik belajar komputer:


1. Niat

Seperti kata orang-orang, niat kemudian usaha. Niatkan diri yang powerful dan hendak cepat dapat untuk mengoperasikan komputer.
kursus komputer majalengka


2. Tujuan

Apa destinasi sobat menggunakan komputer? Apakah pekerjaan? Atau sebatas hiburan? Ini mesti diketahui sebab nanti anda harus menggunakan program cocok yang anda tuju.

kursus komputer majalengka

3. Punya komputer sendiri

Jangan belajar komputer bila belum punya komputer sendiri. Karena anda harus teratur terus menerus menggunakan komputer agar cepat bisa.


4. Rajin

Yang terpenting, ialah rajin dan terus menerus belajar, entah lewat kitab atau teman. Rajin praktek masing-masing hari. Kuasai materi-materi dasar dari buku ialah cara tercepat belajar komputer.

kursus komputer majalengka

5. Jangan fobia rusak

Karena asal bukan komponen komputer yang rusak, membetulkan komputer yang bobrok sangat mudah. Jadi tetap tenang dan santai saja belajarnya.
komputer
Belajar komputer tersebut harus sabar dan berkala.. Butuh berminggu-minggu hingga bertahun-tahun guna benar-benar paham komputer



  • Dasar-dasar komputer



Jadi sebelum anda mulai, kita kupas dulu komponen-komponen komputer:


  • Komponen-komponen komputer



1. Monitor


Monitor, alias layar yang bermanfaat sebagai 'penampil' visual. Yang memperlihatkan gambar yang sudah di proses oleh komputer.

Monitor bukanlah komputer. Karena kebanyakan tidak sedikit sekali yang salah kaprah bahwa merk monitor ialah merk komputer.

Mudahnya, anggap saja monitor ialah TV yang melulu bisa bermanfaat kalau disambungkan ke komputer.
kursus komputer majalengka


2. Processor

Processor adalah'otak' dari komputer yang bermanfaat untuk memproses perintah-perintah yang dijalankan komputer.


3. Harddisk


Harddisk, ialah penyimpan data yang bermanfaat menyimpan data-data dalam komputer dalam jumlah besar. Kalau sobat pun pasti telah tahu, satuan data laksana MB, GB.
Nah, ukuran harddisk ini guna jaman sekarang, sangat kecil seringkali 160GB (giga).
kursus komputer majalengka


4. RAM


RAM adalahsingkatan dari acak access memory yang bermanfaat sebagai penyimpan kenangan sementara di komputer.

Simpelnya, data yang bakal di proses oleh komputer bakal ditampung dulu di RAM kemudian di proses oleh Processor.

5. VGA


VGA adalahalat untuk memperlihatkan visual dari data komputer ke layar. VGA sendiri sebetulnya istilah yang salah. Yang benar ialah kartu grafis.

Tapi sebab memang telah kebiasaan, saya sendiri tidak mempersoalkan hal ini.
kursus komputer majalengka


6. Motherboard


Motherboard alias mainboard, ialah 'papan' yang bermanfaat sebagai komponen utama penampung komponen-komponen sebelumnya.

Coba lihat unsur dalam komputer, terdapat papan besar bukan? Itulah motherboard.

kursus komputer majalengka

7. Power Supply

Power Supply, kegunaannya sebagai pemasok aliran listrik dari PLN ke komputer. Power suplly seringkali bentuknya kotak dengan tidak sedikit kabel tersambung didalamnya.


8. Casing


Casing adalahtempat atau sarang komputer. Casing seringkali bentuknya kotak dan besar. Jadi sebetulnya tanpa casing juga komputer masih dapat nyala. (PC saya pun nggak pake casing lho).

Nah, 8 komponen diatas ialah komponen dasar dari komputer. Bagi yang lainnya tidak perlu guna dipelajari dulu.

Dan tidak boleh dihapal, lumayan dibaca dan sedikit dicerna saja. Bagi mendapat cerminan serta pengetahuan dasar mengenai komputer.

Note: Sebenarnya tidak sedikit orang yang belum tahu detil mengenai komponen komputer. Kalau sobat telah paham, berarti sobat telah naik level haha.

Lalu setelah semua komponen diatas telah komplit dipasang. Komputer bakal siap dijalankan, namun belum dapat dijalankan.

Untuk menjalankan komputer, diperlukan sebuah program sistem. Program sistem ini disebut Sistem Operasi atau bahasa inggrisnya Operating System. Sistem operasi pun biasa disingkat OS.

OS ini terdapat banyak. Kita ambil gampang saja, yang biasa dipakai ialah Windows, Linux, dan Machintosh. Tapi sebab di Indonesia banyak sekali pemakainya Windows, kita kupas Windows saja.

Windows memiliki pelbagai versi, dan inilah ini akan saya rangkum yang sangat sering digunakan di Indonesia:

Untuk menyaksikan gambarnya, buka google.com/images kemudian masukkan Windows yang ditelusuri dan tekan enter.
kursus komputer majalengka



  • Sistem Operasi Komputer


1. Windows XP


Windows XP adalahsistem operasi yang terbit sekitar tahun 2001 / 2002 (saya tak sempat tepatnya), dan adalahsistem operasi yang paling populer.

OS Windows XP, sering dipakai karena enteng dan gampang pemakaiannya. Biasanya, Windows XP tidak sedikit digunakan di warnet.


2. Windows 7


Windows 7 adalahsistem operasi yang diluncurkan kira-kira tahun 2009. Windows 7 adalahpenerus dari Windows vista (yang sengaja tidak saya bahas), dan mempunyai tidak sedikit perbaikan-perbaikan.

Sejak adanya Windows 7, Windows XP jadi mulai ditinggalkan, sebab fitur-fiturnya yang telah outdate (ketinggalan jaman).


3. Windows 8


Windows 8, ialah sistem operasi yang diluncurkan tahun 2012 yang lalu. Windows 8 mempunyai tampilan utama yang dapat dibilang lumayan bertolak belakang dari Windows 7.


Yang sangat mencolok, ialah hilangnya startmenu (Menu dibagian bawah), dan telah dioptimalkan guna komputer layar sentuh.


4. Windows 10


Windows 10, ialah sistem operasi yang diluncurkan tahun 2015 lalu. Sistem operasi ini memiliki pelbagai perbaikan dari versi Windows sebelumnya. Diantaranya, kembalinya start menu yang awalnya hilang di Windows 8.


Supaya sobat paham teknik mengoperasikan komputer. Sobat mesti tahu dulu versi Windows apa yang sobat pakai. Silakan cari dan sesuaikan Windows yang digunakan dengan gambar di Google.

Kemudian, kita dapat mulai belajar mengoperasikannya.

Di dalam komputer, terdapat komponen dan software. Software ini ialah program / data yang dipasang di komputer.

Pada sistem operasi, sebetulnya sudah tidak sedikit terpasang program-program dasar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer.

Nah, disini saya hendak tahu, sobat hendak mengoperasikan komputer laksana apa. Apakah inginkan nonton film? Main game? Atau mengetik? Atau ber-internet?

Berikut ini ialah software-software guna menggunakan sekian banyak  hal di komputer.


  • Software-software yang biasa dipakai di komputer




1. Browser


Browser ialah program guna berinternet. Bagi Windows sendiri seringkali sudah terpasang secara bawaan, browser internet explorer yang dapat dipakai guna berinternet.
Untuk program lainnya, dapat coba google chrome, mozilla firefox dan sebagainya.


2. Aplikasi pemutar video


Untuk menjalankan video, diperlukan sebuah software pemutar video. Kalau di Windows, telah ada software bawaan yang namanya Windows Media Player.
Sobat dapat juga menggunakan aplikasi-apikasi pemutar video lain.


3. Microsoft Word


Adalah aplikasi yang biasa dipakai untuk mengetik. Jika sobat tujuannya hendak ngetik, silakan belajar teknik mengoperasikan aplikasi ini.


4. Photoshop


Photoshop, ialah program komputer yang bermanfaat untuk editing foto. Photoshop dapat digunakan guna pemula hingga professional.


5. Movie maker


Movie maker, ialah aplikasi editing video yang sesuai untuk pemula. Sobat dapat menambahkan pelbagai efek pada video, mencukur video, hingga menambahkan lagu ke dalam video dengan mudah.


6. Notepad


Notepad ialah aplikasi bawaan Windows yang kegunaannya serupa laksana Microsoft Word. Bedanya, notepad punya fitur yang sederhana yang dapat digunakan guna catat apa-apa yang pendek saja.


7. Paint


Paint ialah software guna menggambar di komputer. Paint, selain dipakai untuk menggambar, juga dapat digunakan untuk menciduk screenshots (Memfoto layar) dengan mudah.


8. Dan masih tidak sedikit lagi...


Sesuaikan lagi cocok kebutuhan. Karena terdapat ribuan jenis aplikasi di komputer yang dapat dipakai sesuai kemauan masing-masing.



  • Penutup...


Semoga tulisan ini dapat membantu sobat yang masih pemula guna belajar komputer dengan cepat.
Sekian, sekali lagi semoga bermanfaat. Terima kasih.
kursus komputer majalengka