kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

kursus komputer majalengka

Istilah informasi Sering anda soroti dalam lingkup Teknologi, laksana istilah teknologi informasi yang umum anda ketahui. Namun informasi mempunyai pengertian yang paling luas tidak saja ada dalam teknologi. Meskipun prakteknya tidak dapat kita pungkiri bahwa informasi ini mempunyai kaitan erat dengan teknologi, sebab dengan pertumbuhan teknologi tersebut sendiri informasi pun berkembang dengan pesat, karena tersebut tepat lah bahwa pertumbuhan teknologi dan informasi ini menyusun sebuah era yakni “Era Informasi”.

Secara Etimologi, Kata informasi ini berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) memungut istilah dari bahasa Latin yakni informationem yang berarti “konsep, gagasan atau garis besar,”. Informasi ini adalahkata benda dari informare yang berarti kegiatan Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,



Informasi dapat menjadi faedah penting dalam menolong mengurangi rasa khawatir pada seseorang. Berdasarkan keterangan dari pendapat Notoatmodjo (2008) bahwa semakin tidak sedikit mempunyai informasi bisa memengaruhi atau meningkatkan pengetahuan terhadap seseorang dan dengan pengetahuan tersebut dapat menimbulkan kesadaran yang kesudahannya seseorang tersebut akan berperilaku cocok dengan pengetahuan yang dimilikinya.
kursus komputer majalengka

Definisi Informasi

Dalam KBBI Informasi /in•for•ma•si/ Berarti
1 penerangan;
2 pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu;
3 Ling keseluruhan arti yg menunjang amanat yg tampak dl bagian-bagian amanat itu;

Dari wikipedia, Informasi adalahpesan atau kelompok pesan (ekspresi atau ucapan) yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau arti yang diartikan dari pesan atau kelompok pesan. Informasi bisa direkam atau ditransmisikan, urusan ini adalahtanda-tanda, atau sebagai sinyal menurut gelombang.
Informasi dapat di katakan sebagai pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun, istilah ini mempunyai banyak makna bergantung pada konteksnya, dan secara umum bersangkutan erat dengan konsep laksana arti, pengetahuan, Persepsi, kebenaran, representasi, negentropy, Stimulus, komunikasi, , dan rangsangan mental.

Pengertian Informasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga menambah pengetahuan seseorang yang memakai data tersebut.
Azhar Susanto (2004:46) dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, mengaku bahwa informasi ialah hasil pengolahan data yang memberikan makna dan manfaat.
Burch dan Strater mengaku bahwa informasi ialah pengumpulan atau pengolahan data untuk menyerahkan pengetahuan atau keterangan.
George R. Terry berasumsi bahwa informasi ialah data yang urgen yang menyerahkan pengetahuan yang berguna.
Jogianto (2004:8) dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, berasumsi bahwa informasi ialah data yang diubah menjadi format yang lebih berguna untuk yang menerimanya.
kursus komputer majalengka

Lani Sidharta (1995: 28) berasumsi bahwa informasi ialah data yang disajikan dalam format yang bermanfaat untuk menciptakan keputusan.
Berdasarkan keterangan dari Anton M. Meliono (1990: 331) informasi ialah data yang sudah diproses untuk sebuah tujuan tertentu. Tujuan tersebut ialah untuk menghasilkan suatu keputusan.
Berdasarkan keterangan dari George H. Bodnar (2000: 1) informasi ialah data yang diubah sehingga bisa dijadikan dasar untuk memungut keputusan yang tepat.
Berdasarkan keterangan dari Tata Sutabri, informasi ialah data yang sudah diklasifikasikan atau diubah atau diinterpretasikan untuk dipakai dalam proses pemungutan keputusan.
Berdasarkan keterangan dari Gordon B. Davis (1991: 28), informasi ialah data yang telah diubah menjadi sebuah format yang berarti untuk penerimanya dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan ketika ini atau mendatang.
11. Berdasarkan keterangan dari Jogiyanto HM., (1999: 692), informasi ialah hasil dari pengolahan data dalam suatu format yang lebih bermanfaat dan lebih berarti untuk penerimanya yang mencerminkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang dipakai untuk pemungutan keputusan.
Raymond Mc.leod mengaku bahwa informasi ialah data yang telah diubah menjadi format yang memiliki makna bagi si penerima dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan ketika ini atau mendatang.

Pengertian Informasi
Berdasarkan Pengertian informasi menurut keterangan dari para berpengalaman yang telah dilafalkan diatas, dapat diputuskan bahwa informasi ialah sekumpulan fakta-fakta yang telah diubah menjadi format data, sampai-sampai dapat menjadi lebih bermanfaat dan dapat dipakai oleh siapa saja yang memerlukan data-data itu sebagai pengetahuan ataupun dapat dipakai dalam pemungutan keputusan.
kursus komputer majalengka

Informasi dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang diperoleh dari belajar, empiris atau instruksi. Namun, istilah ini masih mempunyai banyak makna tergantung pada konteksnya. Dalam sejumlah pengetahuan tentang sebuah peristiwa tertentu yang telah dikoleksi ataupun dari suatu berita bisa juga disebutkan sebagai informasi. Lain halnya dalam ilmu komputer, informasi ialah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan. Para berpengalaman meneliti konsep informasi itu sebagai pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, empiris maupun instruksi.

Dari definisi lainnya informasi ialah data yang sudah diberi makna. misalnya, dokumen berupa spreadsheet (Ms.Excel) biasa dipakai untuk menciptakan informasi dari data yang terdapat didalamnya. Laporan laba rugi dan neraca adalahsalah satu format informasi, sementara angka yang ada didalamnya ialah data yang sudah diproses sehingga dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya dan pada akhrinya Sifat informasi ini ialah bisa meningkatkan pengetahuan atau wawasan terhadap seseorang.

Sumber informasi ialah data. Data tersebut berupa kenyataan kenyataan yang mencerminkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Yang lantas data tersebut diubah melalui sebuah metode guna menghasilkan informasi, lantas penerima menerima informasi tersebut, menciptakan suatu keputusan dan mengerjakan tindakan, yang lantas menghasilkan sebuah tindakan yang beda yang akan memunculkan sejumlah data kembali. Data itu akan diciduk sabagai input, diproses pulang lewat sebuah model dan seterusnya menyusun suatu siklus. Siklus informasi ini dapat dicerminkan sebagai inilah :



kursus komputer majalengka


Jenis-Jenis Informasi
a. Informasi menurut faedah dan kegunaan, ialah informasi menurut pelajaran dan manfaat informasi. Informasi jenis ini antara lain ialah :

Informasi yang meningkatkan pengetahuan, misalnya: peristiwa-peristiwa, pendidikan, pekerjaan selebritis.
Informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), contohnya makalah yang mengandung tentang teknik berternak itik, tulisan tentang teknik membina persahabatan, dan lain-lain.
Informasi menurut bentuk penyajian, yakni informasi yang dipisahkan menurut format penyajian informasinya. Misalnya: informasi dalam format tulisan (berita, artikel, esai, resensi, kolom, tajuk rencana, dll),

b. Informasi menurut bentuk penyajian, ialah informasi yang menurut format penyajian. Informasi jenis ini, antara beda berupa artikel teks, karikatur, foto, ataupun lukisan abstrak.

c. Informasi menurut tempat peristiwa, ialah informasi menurut tempat peristiwa berlangsung, yakni informasi dari domestik dan informasi dari luar negeri.

d. Informasi menurut bidang kehidupan ialah informasi menurut bidang-bidang kehidupan yang ada, contohnya pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

e. Berdasar penyampaian:

Informasi yang disediakan secara rutin
Informasi yang disediakan secara tiba-tiba
Informasi yang disediakan masing-masing saat
Informasi yang dikecualikan
Informasi yang didapatkan menurut permintaan
Ciri-Ciri Informasi yang berkualitas, yaitu:

Informasi mesti Relevan, yang dengan kata lain informasi itu mempunyai guna oleh pemakainya.
Informasi mesti Akurat, yang dengan kata lain informasi mesti bebas dari kesalahan-kesalahan dan mesti jelas menggambarkan maksudnya.
Tepat pada waktunya, yang dengan kata lain informasi yang diterima jangan terlambat.
Konsisten, yang dengan kata lain informasi yang diterima cocok dengan datanya tidak merasakan perubahan yang tidak benar.

Fungsi Informasi, diantaranya:

Meningkatkan pengetahuan atau keterampilan pemakai,
Mengurangi ketidakpastian dalam proses pemungutan keputusan,
Menggambarkan suasana sesuatu urusan atau peristiwa yang terjadi.

Demikianlah keterangan sederhana mengenai Definisi atau Pengertian Informasi dan bilamana ada kekeliruan atau kelemahan dalam keterangan di atas dapat sobat koreksi atau ditambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
kursus komputer majalengka