kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

kursus komputer majalengka

  • Kumpulan isi

Apa yang dimaksud dengan administrasi perkantoran? Pengertian Administrasi Perkantoran ialah serangkaian kegiatan rutin di dalam sebuah organisasi yang bersangkutan dengan pengelolaan data dan informasi untuk menjangkau tujuan organisasi itu secara sistematik.

Secara etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yakni Ad yang dengan kata lain intensif dan ministrare atau dalam bahasa Indonesia berarti membantu, melayani, atau memenuhi.

Definisi administrasi perkantoran dalam makna sempit ialah semua pekerjaan teknis dan punya peranan pokok dalam pelaksanaan pekerjaan operatif, menyajikan laporan pada direksi, serta berperan dalam membuat organisasi perusahaan yang lebih efektif.

Sedangkan dalam makna luas, administrasi perkantoran dapat ditafsirkan sebagai kegiatan perencanaan, mengorganisir, mengarahkan, menyelenggarakan, serta mengawasi sekian banyak  pekerjaan yang bersangkutan dengan ruang lingkup di kantor dan tata usaha yang tertib.

kursus komputer majalengka

- Pengertian Administrasi Perkantoran Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Agar lebih mengetahui apa makna administrasi perkantoran, maka saya dan anda bisa merujuk pada pendapat sejumlah ahli. Berikut ini ialah definisi administrasi perkantoran menurut keterangan dari para ahli:

1. George Terry

Berdasarkan keterangan dari George Terry definisi administrasi perkantoran ialah suatu perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian kegiatan pada suatu perkantoran serta menjadi penggerak untuk mereka yang menjalankannya supaya tujuan yang telah diputuskan dapat tercapai.

2. Edwin Robinson dan William Leffingwell

Berdasarkan keterangan dari Edwin Robinson dan William Leffingwell definisi Administrasi perkantoran ialah turunan dari ilmu dan seni manajemen yang sehubungan dengan operasional tugas kantor secara tepat.
kursus komputer majalengka

3. Suparjati

Berdasarkan keterangan dari Suparjati pengertian Administrasi perkantoran ialah suatu proses kerja sama dalam lingkup kantor untuk menjangkau tujuan yang sudah disepakati bareng dengan melakukan faedah manajemen.

4. Arthur Granger

Berdasarkan keterangan dari Arthur Granger, administrasi perkantoran bermanfaat untuk mengemban komunikasi kegiatan kantor dengan tepat dan tata pelayanan pekerjaan dokumentasi.
kursus komputer majalengka

5. William Spriegel dan Ernest Daview

Berdasarkan keterangan dari William Spriegel dan Ernest Daview, definisi administrasi perkantoran ialah pemberian yang tertuju pada semua pekerjaan operasional laksana transportasi, manufacturing, produksi, pengelolaan gudang, dan marketing.



  • Tujuan Administrasi Perkantoran

Seperti yang dilafalkan pada definisi administrasi perkantoran di atas, secara umum destinasi dari proses manajemen perkantoran ini ialah agar destinasi perusahaan dapat terjangkau secara efektif dan tepat guna serta mengisi syarat dari segi teknis, ekonomi, dan psikologis.

- Berikut ini ialah tujuan administrasi perkantoran secara lengkap:

Menyediakan data dan informasi secara lengkap untuk pihak-pihak yang memerlukan untuk pengamalan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
Melakukan pengawasan kegiatan kantor dan administrasi supaya dapat meyakinkan terlaksananya standar kualitas, tenggat waktu, serta formalitas yang tepat.
Menerapkan kepandaian perusahaan atau departemen dan menyerahkan standar pelayanan dalam kaitannya dengan manajemen.
Berdiskusi dengan karyawan tentang prestasi kerja guna mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, serta berupaya untuk menuntaskan masalah tersebut.
Memberikan pelatihan atau perintah kerja untuk pegawai.
Melakukan verifikasi, pemantauan, serta penilaian kerja dengan menciptakan laporan bersangkutan pekerjaan produksi, pengiriman, dan penggajian.
Melakukan proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara sampai memilih pegawai.
Menafsirkan dan mengomunikasikan semua formalitas kerja dan kepandaian perusahaan untuk para pegawai.
kursus komputer majalengka

- Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Seorang administrator bertanggungjawab dalam perencanaan kerja untuk pegawai, pemantauan pegawai, serta meminta pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan atau perbaikan perlengkapan kantor yang telah ada.

Berikut ini ialah Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran selengkapnya:


1. Aktivitas Kantor

Beberapa kegiatan kantor yang tergolong dalam ruang lingkup administrasi perkantoran diantaranya:

Perencanaan Perkantoran (office planning)
Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)
Pengarahan Perkantoran (office actuating)
Pengawasan Perkantoran (office controlling)

2. Sarana/ Fasilitas Kerja Perkantoran

Beberapa sarana/ kemudahan yang tergolong di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran merupakan:

sebuah organisasi. Berikut ini ialah uraian faedah administrasi perkantoran tersebut:

Fungsi Rutin, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal merangkum pengarsipan dan penggandaan.

Fungsi Teknis, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan, serta kemampuan perkantoran yang mumpuni.

Fungsi Analis, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan cara beranggapan kritis dan kreatif serta keterampilan memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.

Fungsi Interpersonal, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan analisis dan evaluasi sebagai dasar dalam menyimpulkan sesuatu serta kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Fungsi Manajerial, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, menyerahkan motivasi.