kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Kumpulan isi

Apa definisi RAM dan ROM? Kedua istilah ini dipakai dalam bidang teknologi informasi sebagai media penyimpanan data komputer. Namun, definisi kedua istilah ini sebetulnya berbeda.

Pengertian RAM
Pengertian RAM (Random Access Memory) ialah suatu hardware di dalam komputer yang bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan data sedangkan (memori) dan sekian banyak  instruksi program.
kursus komputer majalengka

Isi RAM bisa diakses secara random atau tidak tergantung penataan tata letaknya. Data di dalam RAM bisa hilang saat komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply ditarik keluar dari perangkat.

Kapasitas RAM di dalam sebuah komputer dominan pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, bakal semakin cepat cocok besarnya RAM komputer tersebut.
kursus komputer majalengka

Fungsi RAM

Seperti yang dilafalkan pada definisi RAM di atas, faedah RAM secara umum ialah untuk menyimak dan menyimpan data. Berikut penjelasannya:

1. Membaca Data

Semua data dan informasi yang ditabung di dalam harddisk dapat dimulai dengan lebih cepat sebab peran dari RAm komputer.

Coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program ketika kesatukali diakses dengan ketika file (baca: definisi file) atau program itu telah dimulai sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan ditabung dalam RAM sementara sampai-sampai akan lebih cepat dimulai kembali saat komputer belum di-shutdown.
kursus komputer majalengka

2. Penyimpanan Sementara

RAM pun dapat bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan data sementara ketika program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, saat kita menggarap sesuatu, misalnya menciptakan makalah, maka komputer bakal menyimpan data sementara.

Namun, data itu harus ditabung secara permanen untuk menangkal terjadinya kehancuran atau kehilangan sebab hal-hal tak terduga. Misalnya listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.
kursus komputer majalengka


Jenis-Jenis RAM

Berikut ini ialah beberapa jenis RAM:


1. Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM ialah jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara rutin supaya data yang terdapat di dalamnya tidak hilang.

2. SD RAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) ialah RAM lanjutan dari DRAM tetapi telah merasakan sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dikomparasikan DRAM.
kursus komputer majalengka

3. DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau tidak jarang disebut dengan DDR saja, yakni jenis RAM dengan teknologi lanjutdan dari SD RAM. DDR RAM pun mempunyai generasi terbaru, yakni DDR2 dan DDR3 dan kemunkinan bakal terus berlanjut.

4. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) ialah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan lazimnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM dipakai pada perlengkapan komputer yang memakai Pentium 4.
kursus komputer majalengka

5. S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) ialah jenis RAM yang bisa menyimpan data di dalamnya tanpa mesti terdapat penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

6. EDO RAM

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) ialah jenis RAM yang dipakai pada perlengkapan dengan OS Pentium. Jenis kenangan ini dapat mengerjakan proses penyimpanan dan memungut data dalam masa-masa bersamaan.


Pengertian ROM

Pengertian ROM (Read Only Memory) ialah jenis kenangan atau lokasi penyimpanan data di dalam perlengkapan komputer yang sifatnya permanen sampai-sampai tidak gampang berubah atau hilang walaupun komputer tiba-tiba mati.

ROM tergolong dalam kumpulan perangkat keras komputer berupa chip kenangan semi konduktor dimana isinya hanya dapat dibaca saja bahkan guna menyimpan data pada ROM dapat dibilang tidak mudah. Biasanya ROM mengandung program-program yang default dari pabrik sampai-sampai umumnya dipakai untuk menyimpan firmware.

Cara Kerja ROM

Sesuai dengan definisi ROM (Read Only Memory) diatas, maka prinsip kerja ROM dalam perlengkapan komputer sebenarnya paling sederhana. Pemilik perlengkapan komputer bakal memasukkan data-data yang lazimnya berupa aplikasi default pabrik ke dalam chip ROM.

Selanjutnya data dalam ROM akan ditabung secara permanen dan tidak bisa dihapus menjadi output device. Perlu diketahui bahwa kita tidak dapat mengotak-atik isi pada ROM dan ROM hanya dapat diisi sekali saja sekitar digunakan.

Fungsi ROM (Read Only Memory)

Sebagai media penyimpanan, ROM bermanfaat untuk menyimpan firmware berupa perangkat empuk atau yang tidak jarang disebut software. Perangkat empuk yang biasa memenuhi ROM contohnya yang bersangkutan dengan perlengkapan keras laksana ROM BIOS (Basic Input Output System).

BIOS bakal nyala secara otomatis pada ketika komputer dikobarkan tanpa perlua menggiatkan media penyimpanan layaknya pada sistem kenangan yang lain laksana RAM. Sehingga dalam hak kecepatan akses, media ROM lebih cepat daripada media penyimpanan lain.

Pada perlengkapan komputer modern, BIOS ditabung dalam suatu chip ROM dimana secara elektrik bisa ditulis ulang atau disebut flash ROM.
kursus komputer majalengka

Jenis-Jenis ROM

Karena sifatnya yang tidak gampang berubah dan tidak gampang hilang laksana yang diterangkan dalam definisi ROM (Read Only Memory), maka sistem penyimpanan di ROM ketika ini tidak jarang dijadikan pilihan perusahaan guna menyimpan dokumen rahasia atau dokumen penting. Beberapa jenis ROM yang umum dipakai antara lain:

1. Stock ROM

Ini adalahjenis ROM yang adalahbawaan dari sistem operasi (dalam format default) dan belum menemukan modifikasi.

Stock ROM berisi faedah dan tampilan yang masih standar pabrik dan belum tidak sedikit mengalami evolusi dari pengembang. Biasanya jenis ROM ini ditemukan pada perlengkapan Apple IOS dan Palm’s WebOS.
kursus komputer majalengka

2. Custom ROM

Untuk jenis ROM satu ini sangat sesuai untuk menyimpan data-data urgen perusahaan sebab sifatnya yang dapat di customisasi atau dimodifikasi sendiri. Custom ROM memang sering dipakai oleh developer independen yang hobby dalam mengotak-atik perlengkapan komputer.

Custom ROM ini dikembangkan secara langsung dari Google beserta OS yang dimilikinya yang juga tidak sedikit dijiumpai pada perlengkapan Android.

3. Manufacturer atau Carrier Stock ROM

Jenis yang ketiga ini dapat juga dinamakan dengan Carrier Stock ROM dimana telah mendapatkan evolusi dari pabrik maupun operator jaringan.

Perubahan pada ROM laksana ini bertujuan untuk menyerahkan penambahan custom pada aplikasi. Sehingga jenis ROM ini jarang ditemukan pada perlengkapan PC, dan kebalikannya lebih tidak jarang diaplikasikan pada perlengkapan Android.