kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Alat untuk membina sebuah jaringan LAN


  • Router

Router ialah jantung pada suatu jaringan. Router bermanfaat untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam permasalahan ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN

kursus komputer majalengka



  • Switch

Berbeda dengan router, switch bermanfaat untuk menghubungkan setiap komputer pada suatu jaringan LAN

  • Ethernet Card

Ethernet card ialah sebuah adapter guna mencolokkan kabel ethernet sampai-sampai komputer dapat tersambung mengarah ke jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah dicantumkan secara onboard sehingga kamu tidak butuh untuk melakukan pembelian lagi.

kursus komputer majalengka



  • Ethernet Cable

Yaitu kabel yang dipakai untuk menghubungkan komputer ke router atau dapat juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi suatu konektor yang dinamakan RJ-45. RJ-45 mempunyai 2 settingan, yakni straight dan cross. Straight dipakai untuk menghubungkan komputer ke router sementara cross dipakai untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.

kursus komputer majalengka



  • Modem

Jika kamu ingin menghubungkan jaringan kamu ke internet, maka kamu juga mesti melakukan pembelian sebuah modem. Jika kamu tidak melakukan pembelian sebuah modem, maka komputer kamu hanya dapat berkomunikasi dengan komputer beda yang ada pada jaringan LAN tersebut.

kursus komputer majalengka


-Peralatan lain


  • Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.

Crimping tool dipakai untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester dipakai untuk testing kabel LAN telah bermanfaat atai tidak. Sebagai pilihan untuk mempercepat ataupun mempermudah kegiatan anda, kamu bisa meminta tolong untuk penjual kabel ehternet contohnya untuk sekaligus memasangkan RJ-45 sehingga kamu tinggal memasangkan kabel-kabel tersebut mengarah ke router dan komputer.kursus komputer majalengka

Sebelum menyiapkan perlengkapan di atas. paling disarankan kamu melakukan perencanaan terlebih dahulu, yaitu mencakup jumlah komputer, luas area, dengan begitu kamu bisa menciptakan rancangan kabel yang efektif sehingga dapat menghemat ongkos yang dibutuhkan. kamu bia memakai software laksana paint untuk menciptakan rancangan pengaturan jaringan LAN Anda. Setelah itu, barulah kamu beli perangkat yang dibutuhkan dan pasangkan perlatan-peralatan di atas.
Berikut ialah model yang akan anda pakai untuk membina jaringan LAN (bisa pun untuk Warnet).
jaringan lan

jaringan lan

1. Adalah Internet
3. Adalah modem sekaligus Router yang menghubungkan komputer server mengarah ke internet
4. Komputer server
5. Switch
Setelah hardware terpasang, sekarang ialah tahap guna setting software. setting ini mencakup instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP address, terakhir ialah uji jajaki jaringan yang telah kamu pasang.

kursus komputer majalengka


Mengaktifkan Internet Connecting Sharing
ICS bertujuan untuk menyalurkan koneksi internet komputer host mengarah ke komputer lainnya.
Untuk menggiatkan ICS pada komputer server, silahkan buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, Klik kanan pada koneksi yang ingin kamu bagikan, klik Properties, klik tab Sharing, kemudian centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan. Oke, sampai etape ini, melulu komputer server yang dapat terhubung ke internet
Setelah koneksi dibagikan, maka setiap komputer mesti menemukan IP address. Caranya,

  • buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center.
  • Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties
  • Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), lantas pilih properties
  • klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically.