pengertian pemograman-kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297
kursus komputer majalengka

Pengertian Pemograman Dasar

Pemrograman ialah proses menulis, menguji dan membetulkan (debug), dan merawat kode yang membina sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam sekian banyak  bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman ialah untuk memuat sebuah program yang dapat mengerjakan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' cocok dengan kemauan si pemrogram (programmer). Bagi dapat mengerjakan pemrograman, dibutuhkan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di tidak sedikit kasus, pengetahuan-pengetahuan lain laksana matematika.
Pemrograman ialah sebuah seni dalam memakai satu atau lebih algoritma yang saling bersangkutan dengan memakai sebuah bahasa pemrograman tertentu sampai-sampai menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang bertolak belakang mendukung gaya pemrograman yang bertolak belakang pula. Gaya pemrograman ini biasa dinamakan paradigma pemrograman.

kursus komputer majalengka

Konsep Dasar Pemrograman

Pengertian Dasar Program ialah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang dibentuk secara logika dan sistematis.
Pengertian Pemrograman ialah suatu kelompok urutan perintah ke komputer untuk menggarap sesuatu, dimana instruksi tersebut memakai bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.
Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya ialah IPO (Input Proses Output), kemudian dikembangkan mejadi :
Originating -> input -> proses -> Output -> Distribution
||
Storage
Originating
Berhubungan dengan pendataan data yang seringkali adalahpencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikoleksi dilakukan proses input.
Input
Tahapan ini adalahproses pemasukan data kedalam proses komputer melewati peralatan input.
Proses
Tahap ini adalahproses pengolahan data dari data yang telah diinput berupa proses menghitung membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan menggali di storage.
Output
Tahap ini adalahproses guna menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke perlengkapan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb)
Distribution
Tahap ini adalahproses penyebaran informasi untuk pihak-pihak yang berhak dan memerlukan informasi.
Storage
Tahap ini adalahperekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya bisa dipergunakan guna input proses selanjutnya.
DATA
Data ialah bahan mentah yang akan diubah menjadi informasi sampai-sampai bisa dipergunakan oleh user atau pemakai.
kursus komputer majalengka

1. Tipe Data Dasar : Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman.
Tipe data dasar dipecah menjadi lima bagian yakni :
a. Numerik, yakni menyimpan data berupa angka
b. Enumerasi, yaitu sebuah urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
c. Boolean, yakni tipe data guna merepresentasikan True atau False.
d. Character, yakni tipe data guna menyimpan susunan karakter.
e. Internationalization, dinamakan I18N
2. Tipe Data Terstruktur : Merupakan tipe data gabungan dari sekian banyak  tipe data dasar. Contohnya array, record, string, list dan file.
3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : Tipe data ini seringkali disebut Enumerasi.
4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk ialah pointer
Model Komputasi
Model Komputasi ialah suatu kelompok dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3 dasar model komputasi :
kursus komputer majalengka

1. Model Fungsional, yakni model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, faedah dan operasi, aplikasi, faedah dan komposisi fungsi.
2. Model Logika, yakni logika model perhitungan terdiri dari sebuah set nilai-nilai, pengertian hubungan dan benang merah logis.
3. Model Imperative, yakni model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang merangkum suatu kedudukan dan operasi tugas-tugas guna memodifikasi kedudukan tersebut.
Prinsip Bahasa Pemrograman
Empat prinsip dasar perancangan bahasa pemrograman merupakan:
1. Sintaks, menyatakan bagaimana struktur program yang benar.
2.Tipe sistem dan semantik, mengindikasikan tipe nilai yang bisa dimanipulasi oleh program dan arti(semantik) dari program, mencakup pun aturan penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).
3. Manajemen memori, menunjuk untuk sekumpulan kiat yg menolong kita untuk mengetahui pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan struktur program di dalam memori.
4. Exception handling, tentang penanganan exception (hal-hal yang tak tersangka seperti kekeliruan input saat menjalankan program).
kursus komputer majalengka

Posting Komentar

0 Komentar